XT-100, Mirrorless Baru dari Fujifilm

"kamera ini dilengkapi layar yang bisa dirotasi 180 derajat."
Fujifilm XT-100 (net)

KLIKPOSITIF-Fujifilm telah meluncurkan satu lagi varian terbaru mirrorless. Mengusung nama XT-100, kamera mirrorless ini sekilas mirip salah satu pendahulunya XT-20.

Meski desain dibuat mirip, namun Fujifilm memberikan spesifikasi berbeda. Bodi XT-100 memakai desain serupa dengan SLR pada umumnya, namun minus grip atau pegangan yang biasanya berupa tonjolan karen di bagian pinggir. Pada bagian tengah pada tonjolan dengan label Fujifilm ditanamkan  flash.

Sedangkan di bagian belakangnya terdapat electronic viewfinder. Pengguna juga mendapatkan layar sentuh sebagai alternatif dalam membidik gambar. Layar ini juga bisa dirotasi 180 derajat.

Dilansir dari Theverge konfigurasi dial di bagian atas XT-100 menggunakan model PASM, tanpa adanya dial khusus untuk shutter dan exposure compensation. Kemudian ada dua tombol dial tanpa label, tombol Fn dan tombol perekam. Fujifilm memasang sensor APS-C 24 megapiksel dengan filter Bayer pada kamera.

Sedangkan urusan pemrosesan gambar diserahkan pada high-speed imaging processor, bukan X-Processor Pro. Fujifilm memang membuat kamera XT-100 ini untuk penyuka fotografi kelas entry level atau pemula yang membutuhkan viewfinder dan bisa dipakai layaknya kamera lain di pasaran.

Fuji akan mulai menjual XT-100 pada 18 Juni mendatang di Amerika Serikat. Harga Rp 8,4 juta hanya berlaku untuk pembelian body-only. Sedangkan paket body dengan lensa XC 15-45mm F35-5.6 dibanderol 699,95 dollar AS atau sekitar Rp 9,9 juta.