Cullinan, SUV Perdana Milik Rolls-Royce

"Rolls-Royce Cullinan dirancang untuk bisa digunakan di semua medan"
Rolls-Royce Cullinan kendaraan SUV perdana Rolls Royce (net)

KLIKPOSITIF-Rolls-Royce merilis kendaraan sport utility vehicle perdananya dengan nama Rolls-Royce Cullinan. Mobil dengan tubuh besar itu didesain begitu mewah dan dilabel dengan harga 325.000 dolar Amerika Serikat.

Nama mobil ini disadur dari nama berlian terbesar di dunia. Di kelas SUV Cullinan akan bersaing dengan Lamborghini Urus yang dijual seharga 200.000 dolar AS dan Bentley Bentagya V8 yang dibanderol di angka 200.000 dolar AS.

Dilansir dari Bloomberg selain dibuat mewah Rolls-Royce Cullinan dirancang untuk bisa digunakan di semua medan. Mulai dari padang pasir, jalan bebatuan, medan bersalju, hingga melibas genangan air setinggi 53cm.

SUV ini dibangun dengan tingginya 182cm, lebih tinggi 121cm dari pesaing terdekatnya, Bentley Bentagya V8. Bobotnya sekitar 2.659kg dan bentuknya lebih kotak, berbeda dari Bentagya atau Urus yang melengkung.

Grille depannya tegak, mengikuti desain Rolls-Royce Dawn yang ikonik. Lampu-lampunya yang sudah menggunakan teknologi LED, disisipkan di sudut-sudut mobil tajam. Mobil itu dilengkapi dengan layar sentuh beresolusi tinggi yang sudah menggunakan teknologi night vision dan sistem peringatan untuk mencegah tabrakan.

Rolls-Royce Cullinan dipacu mesin twin-turbo V12 berkapasitas 6,75 liter, yang mampu menghasilkan 563 tenaga kuda. Mesin ini sama dengan yang dipasang pada Rolls-Royce Phantom. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 250km/jam.