Capai 40 Juta Pengguna, Apple Music Tumbuh Makin Baik

"aplikasi layanan musik itu kini telah memiliki 40 juta pelanggan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple disebut akan mendapatkan pertumbuhan Apple Music dengan tren positif. Pasalnya aplikasi layanan musik itu kini telah memiliki 40 juta pelanggan dalam beberapa tahun.

Analis dari Macquarie Capital Ben Schachter menjelaskan Apple Music bisa mengalami pertumbuhan pengguna 40% hingga beberapa tahun ke depan. Namun angka pertumbuhan yang besar bukan berarti bisnis layanan streaming musik sangat menguntungkan.

Soalnya Apple harus membayar royalti musik yang didengarkan oleh para pengguna Apple Music kepada pihak label dan artis dengan hitungan yang sudah dilakukan. Estimasi keuntungan yang masuk ke Apple Music setelah dikurangi dengan beragam hal lainnya adalah 15% saja.

Spotify sendiri diberitakan sedang membuat target pendapatan bersih untuk layanan mereka di angka 24% setiap tahun. Persaingan antara Apple Music dan Spotify memang sudah berlangsung sejak awal. Apple yang secara tiba-tiba masuk ke pasar streaming musik sempat membuat pihak Spotify seakan terdesak dan terus mencari cara untuk berkembang.

Spotify punya lebih dari 71 juta pelanggan Spotify Premium dan 150 juta pengguna secara total. Sedangkan Apple Music ada di angka 40 juta pengguna berlangganan dan sekitar 8 juta pengguna di opsi coba gratis untuk 3 bulan pertama.