Intel Akan Buat GPU Khusus Gaming

"GPU gaming ini diprediksi akan dirilis pada 2020"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Intel disebut akan terjun dalam kartu grafis terpisah atau discrete GPU khusus gaming. Rencana Intel membuat GPU discrete ini disampaika oleh analis Motley Food, Ashraf Eassa yang mengatakan bahwa Intel memecah tim yang mengerjakan GPU berkode "Arctic Sound".

Tim ini nantinya akan mengerjakan GPU gaming yang diprediksi akan dirilis pada 2020. Upaya Intel masuk ke ranah GPU gaming disinyalir akan dipimpin oleh Raja Koduri, mantan kepala Radeon Technology Group (divisi GPU) AMD, yang hijrah ke Intel pada November tahun lalu.

Dilansir dari Digitaltrend setelah perekrutan Koduri, Intel mengumumkan kerja sama dengan AMD untuk membuat prosesor seri Core dengan GPU Radeon Vega terintegrasi. Belum jelas apa yang akan terjadi dengan kemitraan ini, apabila Intel benar-benar akan menjadi kompetitor sendiri di ranah discrete GPU.

Sebelumnya dekade 90-an dan awal 2000-an, Intel sempat memproduksi kartu grafis gaming, Namun seiring waktu, para pabrikan chip grafis lain seperti 3Dfx, Rendition, S3, dan PowerVR bertumbangan sehingga menyisakan Nvidia dan AMD. Jika Intel akan terlibat dalam industri produksi GPU gaming, maka dipastikan, Intel akan bersaing dengan dua pemain yang sudah lebih dulu mendominasi, Nvidia dan AMD.