Mengintip Fitur Smart Key System All New Honda PCX 2018

"Sistem Keyless pada PCX memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan motor lain yang lebih duluan menerapkan sistem tersebut"
Smart Key System All New Honda PCX 2018 (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

OTOMOTIF, KLIKPOSITIF -- Astra Honda Motor telah meluncurkan satu produk motor matic terbaru mereka yakni All New PCX 2018. Motor berdesain elegan ini merupakan produk dalam negeri yang dibanderol dengan harga yang lebih murah dari pendahulunya.

Selain harga yang lebih murah, All New PCX 2018 dilengkapi dengan sistem keamanan yang terbilang canggih, yakni Smart Key System atau yang lebih akrab disebut Keyless.

Benar. Pada motor terbaru PCX ini, Honda tidak menyematkan kunci konvensional untuk mengoperasikan mesin. Hanya saja, jika lebih diperhatikan, sistem Keyless pada PCX memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan motor lain yang lebih duluan menerapkan sistem tersebut.

Smart Key System All New PCX 2018 memiliki tiga fitur berbeda. Pertama adalah Immobilizer. Fitur ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan mesin.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyalakan motor tanpa kunci. Cukup dengan menekan satu tombol on/off pada remote, maka pengendara sudah bisa menyalakan motor dengan memutar knob yang kurang lebih berfungsi sama dengan kunci konvensional.

"Namun motor tidak akan bisa nyala jika remote smart key tidak dibawa oleh pengendara. Motor hanya akan nyala jika remote berada di area 2 meter di sekitaran motor," kata Kepala Counter Wing Dealer Honda Hayati Pemuda Padang, Dirja M Iqbal.

Kepada KLIKPOSITIF, Dirja menjelaskan bahwa ketika remote berada di luar jangkauan motor, pengendara tidak akan bisa menyalakan motor sama sekali.

Kedua adalah Answer Back System. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengendara mencari posisi sepeda motornya di lokasi yang ramai seperti parkiran.

"Ketika pengendara menggunakan fitur ini, motor akan memberikan respon dengan mengeluarkan suara 'beep' satu kali yang kemudian diikuti dengan lampu sein yang berkedip," jelas Dirja.

Ketiga adalah Alarm. Fitur ini yang memberikan penegasan bahwa sistem Keyless di PCX berbeda dengan ... Baca halaman selanjutnya