Jerman, Investor Mobil Listrik Terbesar di Dunia

"Total investasi perusahaan di negara itu di segmen mobil listrik senilai 4,7 miliar dolar"
ilustrasi: mobil listrik (net)

KLIKPOSITIF-Jerman menjadi negara dengan investasi terbesar di industri  mobil listrik. Dilansir dari AFP dalam lebih dari dua tahun terakhir, Volkswagen, Daimler, dan BMW telah mengumumkan investasi di bidang mobil listrik senilai 4,7 miliar dolar.

Investasi itu dikucurkan di berbagai negara di dunia. Jumlah itu jauh di atas nilai investasi perusahaan Amerika Serikat, yang hanya 335 juta dolar AS dan 19 juta dolar AS di Jepang.

Pabrikan-pabrikan mobil Jerman sebelumnya memang memiliki beberapa model kendaraan listrik dan hibrida untuk diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan. Tetapi mereka baru mulai benar-benar serius dalam beberapa tahun terakhir, terutama mengenai pengembangan baterai.Volkswagen menghabiskan hampir 2 miliar euro untuk mengubah dua pabriknya di Jerman menjadi pabrik mobil listrik.

Sementara Daimler, induk Mercedes-Benz, berencana membangun pabrik baterai di AS. Investasi besar-besaran Jerman ini dinilai wajar karena sejumlah pasar utama otomotif dunia, termasuk di dalam negerinya sendiri, mulai ketat soal pembatasan mobil-mobil konvesional berbahan bakar minyak. Sejumlah kota besar di Eropa, seperti Paris dan London, sudah mulai mempertimbagkan untuk melarang mobil-mobil diesel beroperasi di jalanan umum.

Tiongkok yang pasar mobil terbesar dunia, mulai tahun depan akan mengetatkan kuota mobil berenergi terbarukan dari total mobil yang dijual dinegerinya. Penjualan merek-merek Jerman kini boleh dibilang belum menonjol dan masih kalah dari pesaing seperti BAIC dari Tiongkok, Renault-Nissan, atau Tesla.