Ini Cara Recharge Smartphone Lebih Cepat

"ada beberapa faktor yang membuat pengisian daya memakan waktu lama."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pengisian baterat atau recharge ponsel pintar hanya memakan waktu satu sampai tiga jam untuk mengisi hingga penuh 100 persen. Namun jika ponsel milik anda memakan waktu lebih lama dari itu mengindikasikan adalah masalah.

Namun sebelum itu anda bisa memeriksa beberapa hal untuk memastikan masalah. Pasalnya ada beberapa faktor yang membuat pengisian daya memakan waktu lama.

Yang pertama harus diperiksa adalah kabel charger. Bisa saja kabel tersebut rusak sehingga hantaran daya ke baterai smartpone jadi tidak sempurna. Pengguna sudah pasti memakai kabel USB itu setiap hari. Seiring dengan usia penggunaan, maka wajar saja bila kabel menjadi rusak dan tidak bekerja dengan efektif.

Jika pengisian daya bermasalah cobalah untuk mengganti kabel USB tersebut dengan yang baru. Penggantian kabel ini mestinya akan sangat berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

Selain itu anda juga harus memperhatikan sumber pengisian daya. Jika memang memakai port USB dari komputer atau laptop sebagai sumber, sudah pasti pengisian daya baterai smartphone akan lelet. Port USB 3.0 terbaru saja hanya memiliki keluaran daya 0,9 A sedangkan USB 2.0 hanya 0,5 mA. Jika kabel yang digunakan rusak, maka keluaran daya yang disalurkan tidak akan sampai pada besaran tersebut. Sebaiknya Anda memasang charger pada stop kontak yang ada di dinding.

Faktor lain yang bisa membuat pengisian daya lambat adalah adapter mulai rusak. Adapter charger tidak dirancang agar lebih kuat dibanding smartphone pasangannya. Adakalanya lonjakan arus listrik, guncangan atau terjatuh saat pemakaian membuat adapter ini rusak.

Selain itu, kecepatan pengisian daya smartphone tidak seragam. Biasanya smartphone keluaran lama cenderung lebih lelet saat mengisi daya dibandingkan keluaran terbaru. Hal ini terkait dengan kemampuan prosesor dalam perangkat genggam tersebut. Kemungkinan lain penyebab leletnya pengisian daya adalah baterai yang rusak. ... Baca halaman selanjutnya