Space X Luncurkan Satelit Internet Proyek Starlink

" Space X meluncurkan dua satelit mikro bernama Microsat-2a dan Microsat 2b"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-SpaceX, perusahaan antariksa sedang mengerjakan proyek Starlink. Proyek Starlink ini akan menggunakan sekitar 12.000 satelit mikro ke orbit Bumi. Kerjanya adalah untuk memancarkan sinyal koneksi internet dari angkasa.

Dilansir dari the Verge Minggu, 18 Februari kemaren Space X meluncurkan dua satelit mikro dengan roket Falcon 9 dari Markas Angkatan Udara AS Vanderberg di California. Kedua satelit mikro bernama Microsat-2a dan Microsat 2b itu akan menumpang roket yang sama dengan satelit observasi Bumi, Paz, milik Spanyol.

Jika nanti lengkap, belasan ribu satelit mikro dalam proyek Starlink akan terbagi menjadi dua kelompok. Grup pertama terdiri dari 4.425 satelit mengorbit di ketinggian 1100 kilometer. Grup kedua yang terdiri dari 7.518 satelit akan mengorbit di ketinggian 320 kilometer dan beroperasi dengan sinyal radio dalam frekuensi berbeda.

Ribuan satelit ini akan memancarkan konektivitas internet ke antena penerima di permukaan Bumi. Satelit-satelit Starlink akan terus bergerak mengikuti orbit geostasioner masing-masing di angkasa. Satelit ini bisa memberikan konektivitas internet di seluruh penjuru Bumi.

Pimpinan SpaceX Elon Musk mengatakan bahwa koneksi internet Starlink akan ditawarkan dengan harga rendah. Sebuah proyeksi yang beredar pada 2017, misalnya, menyebutkan bahwa SpaceX berharap bisa merangkul 40 juta pelanggan internet Starlink pada 2025. Pendapatan bisa mencapai 30 miliar dollar AS pada tahun tersebut.

SpaceX diketahui sudah mengajukan berbagai aplikasi terkait penggunaan frekuensi radio kepada otoritas telekomunikasi Federal Communications Commission (FCC) di AS yang berwenang mengatur hal tersebut.