Ini Cara Type to Siri di macOS dan iOS

"Siri bisa digunakan dengan mengetik sebuah perintah."
ilustrasi: Siri (net)

KLIKPOSITIF-Asisten pribadi berbasis kecerdasan buatan milik Apple, yakni Siri yang bisa diperintah dengan suara atau voice command. Siri ternyata juga memiliki fitur Type to Siri, yakni fitur yang membuat Siri bisa digunakan dengan mengetik sebuah perintah.

Fitur Type to Siri ini bisa digunakan di iOS 11 dan macOS High Sierra. Type to Siri adalah mode untuk memberikan perintah atau pertanyaan kepad Siri dalam bentuk teks. Pengguna tidak lagi mengucapkan perintah atau pertanyaan kepada Siri namun berubah menjadi mengetik.

Mode ini sangat tepat untuk digunakan dalam kondisi tempat kerja yang ramai ataui berisik . Saat menggunaan Type to Siri di iOS, pengguna juga bisa mengatur pola jawaban yang akan diberikan oleh Siri tanpa mengeluarkan
suara.

Untuk menggunakan fitur ini pengguna harus melakukan update iOS 11 ke versi terbaru. Setelah itu masuk ke menu Settings – General – Accessibility dan aktifkan Siri. Lakukan pengaturan Voice Feedback sesuai kebutuhan penggunaan. Yaitu Always On untuk selalu aktif, Control with Ring Switch atau Hands- Free Only. Setelah itu Siri bisa digunakan seperti biasa.

Pada perangkat macBook pengaturan bisa dilakukan dengan masuk ke System Preferences – Accessibility.
Pada list di sisi kiri, cari dan masuk ke pengaturan untuk Siri. Aktifkan tombol Enable Type to Siri di bagian kanan pengaturan. Jika telah selesai tutup System Preferences. Akses Siri lewat Menu Bar di macOS High Sierra akan terlihat kolom Type to Siri dan silakan ketik perintah atau pertanyaan.