Jumlah Tuntutan Hukum Pada Apple Terus Meningkat

"13 tuntutan hukum di antaranya sudah dilayangkan di California utara dan 8 di San Jose"
ilustrasi: Gedung perusahaan Apple (net)


KLIKPOSITIF-Jumlah tuntutan yang diterima Apple terkait kasus iPhone yang bekerja lambat akibat baterai lama semakin bertambah. Sebelumnya Apple dikabarkan menghadapi sekitar 15 tuntutan hukum terkait kasus ini. Namun jumlah tuntutan hukum ini kian bertambah.

Dilansir dari Patently Apple, jumlah tuntutan hukum class action untuk kasus lambatnya performa iPhone tercatat sebanyak 30 buah untuk saat ini. 13 tuntutan hukum di antaranya sudah dilayangkan di California utara dan 8 di San Jose.

Satu dari tiga tuntutan hukum baru diajukan Scot Grillo di San Jose, California, kemarin. Grillo dalam tuntutannya yang berjudul “Nature of the Action” mengatakan ada 5 penyebab dirinya mengajukan tuntutan terhadap Apple. Dalam tuntutan hukum tersebut, Apple disebutkan melanggar 5 hal, yaitu melanggar kontrak yang tersirat, melanggar kepemilikan barang, melanggar perjanjian soal bisnis yang adil, melanggar UU anti persaingan yang tidak adil, dan melanggar UU konsumen California.

Apple juga menghadapi tuntutan hukum yang sama di negara lainnya, seperti Prancis, Korea Selatan, dan Israel. Puluhan tuntutan hukum tersebut hadir menyusul Apple mengakui sudah menurunkan performa iPhone. Namun mereka melakukannya demi memperpanjang umur perangkat dan mencegah iPhone mati mendadak.