All New Toyota Rush Pakai Mesin Avanza

"All New Rush menggunakan mesin 2NR-VE berteknologi Dual VVT-i"
All New Rush (net)

KLIKPOSITIF-Produk terbaru All New Toyota Rush masih menggunkan mesin 2NR-VE, mesin yang digunakan pada Toyota Avanza. Banyak pihak menilai All New Toyota Rush tidak memiliki peningkatan performa tenaga dan torsi dibandingkan model sebelumnya.

Dilansir dari toyota.astra.co.id All New Rush menggunakan mesin 2NR-VE berteknologi Dual VVT-i. Mesin ini juga telah lebih dulu dipakai untuk Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Versi sebelumnya menggunakan mesin berkode 3SZ-VE.

Target Rush lebih kepada fuel efficiency. Target Dual VVT-i itu memang efisiensi karena hasil survey tenaga Rush yang dulu sudah lebih cukup. All New Rush juga mempertahankan unit transmisi yang sama seperti model sebelumnya manual 5-speed dan otomatis 4-speed

Secara dimensi Rush baru mengalami peningkatan baik dari panjang, lebar, sampai bobot. Namun pada mesin Rush peformanya justru menutun menjadi 102 hp dan 136 Nm. Sebelumnya berada pada 107 hp dan 141 Nm. Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan keunggulan All New Rush adalah lebih menekankan efisiensi bahan bakar.

Tenaga sama torsinya sama dengan Avanza, namun hanya pada model matic ada lock-up function di gigi 3 dan 4. Ratio gear masih sama dengan Rush lama, sedangkan untuk manual beda untuk gigi 1 dan gigi 5.

All New Rush akan lebih rendah pada gigi 1 lebih rendah, namun lebih tinggu saat gigi 5. Gigi 1 untuk angkatan awal, biar lebih terasa G (force)-nya. Gigi 5 untuk efisiensi karena lebih tinggi. Misalnya pada gigi 5 kecepatan tinggi 100 km/jam RPM 3500 yang lama. Untuk yang Rpm-nya lebih rendah, bisa 2,500. Putaran mesin bisa lebih ringan di kecepatan 100 (km/jam).