Samsung Kembangkan Teknologi Layar Gulung

"sebuah pemindai sidik jari ditambahkan untuk keperluan pengamanan"
layar fleksibel milik Samsung (net)

KLIKPOSITIF- Samsung diketahui tengah mengembang teknologi layar yang jauh lebih fleksibel. Perusahaan teknologi dari Korea Selatan ini membuat layar yang bisa digulung.

Dilansir dari Ubergizmo teknologi layar gulung ini diketahui dari dukumen paten yang belakangan mengemuka dan beredar di internet. Paten menampilkan perangkat tablet berbentuk serupa gulungan naskah antik, tapi dengan layar OLED fleksibel alih-alih kertas.

Dari informasi yang beredar diketahui layar fleksibel terpasang ke sebuah bodi perangkat berbentuk seperti silinder. Saat sedang tidak terpakai, layar bisa digulung di sekeliling badan perangkat ini, sehingga menghemat tempat dibandingkan tablet tradisional.

Samsung juga menempatkan sebuah pemindai sidik jari untuk keperluan pengamanan. Mungkin pengguna nantinya mesti memindai jari terlebih dahulu sebelum bisa membuka layar yang tergulung itu.

Dalam patennya, teknologi layar gulung ala Samsung ini disebut sebagai "rollable OLED display". Sistem operasinya bisa menggunakan apa pun yang tersedia, entah Windows 10 atau Android. Selain Samsung, LG dan Philips juga diketahui tengah mengembangkan teknologi layar fleksibel. Namun, hingga kini masih belum ada perangkat dengan layar tekuk yang hadir di pasaran.