Clear ID, Teknologi Baru yang DIklaim Lampaui Face ID Apple

"Banyak asusmsi perusahaan yang akan memakai teknologi ini adalah Samsung"
ilustrasi: Teknologi Clear ID disebut bisa dipasang langsung pada layar dan aktif ketika dibutuhkan (net)

KLIKPOSITIF-Sebuah perusahaan teknologi Synaptics tengah mengembangkan sebuah teknologi sensor pemindai jari yang lebih mutakhir. Sensor yang bernama Clear ID FS9500 ini disebu bisa dipasang langsur pada layar ponsel.

Teknologi baru dari Synaptics tersebut direncanakan bakal memulai debut perdananya di pameran teknologi CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, awal 2018 mendatang. Namun nama pabrikan besar ponsel yang akan menggunakan teknologi ini belum diketahui. 

Dalam siaran persnya, petinggi Synaptics Kevin Barber menyebutkan soal Infinity Display. Jadi bisa diasumsikan perusahaan yang akan memakai teknologi ini adalah Samsung. Sensor Clear ID diklaim lebih cepat, lebih aman, dan sangat nyaman digunakan dibandingkan dengan teknologi pengenalan wajah 3D atau Face ID buatan Apple. 

Kehadiran Clear ID tentunya bakal membuat peta persaingan di industri ponsel bakal semakin panas.  Jauh sebelum ini, Apple sempat dirumorkan mengembangkan sensor Touch ID untuk diintegrasikan di layar iPhone baru tahun ini. Bahkan mereka sudah menyiapkan paten-paten terkait teknologi tersebut.

Namun hal tersebut akhirnya tidak terbukti. Pasalnya, Apple lebih memilih untuk menyematkan Face ID daripada Touch ID di iPhone X. Dipilihnya Face ID sendiri bukan tanpa pertimbangan. Berdasarkan riset dan pengembangan, Face ID diklaim jauh lebih superior daripada Touch ID dengkat tingkat keamanan 1:1.000.000 vs. 1:50.000.