Airdrop Bisa Lebih Berguna di iOS 11

"pengguna perangkat iOS dan komputer Mac untuk bertukar data dalam jangkauan Wi-Fi dan Bluetooth."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Control Center pada sistem operasi iOS 11 dibuat dengan konsep yang bisa diatur dan diubah sesuai keinginan pengguna. Pengguna bisa menambah atau mengurangi pilihan akses di Control Center.

Salah satu fitur yang tampil di Control Center iOS 11 adalah  AirDrop . Apple tidak membuang fitur ini, hanya saja aksesnya dibuat sedikit tersembunyi, namun bisa digunakan kapan saja. Fitur ini berguna untuk membantu pengguna perangkat iOS dan komputer Mac untuk bertukar data dalam jangkauan Wi-Fi dan Bluetooth.

Fitur ini bisa ditemukan dengan mengakses Control Center dengan cara swipe dari bawah ke atas di perangkat iPhone atau iPad. Untuk iPhone X, akses Control Center dengan cara swipe dari atas ke bawah di sisi kanan layar.

Kemudian tekan dan tahan yang tampil. Pilih AirDrop dan aktifkan sesuai kebutuhan yaitu Receiving Off, Contacts Only dan Everyone. Mode Receiving Off akan mematikan ikon biru untuk AirDrop dan sisanya akan membuat ikon biru yang menyala alias aktif.

Perangkat iPhone yang mendukung 3D Touch memerlukan tekanan sedikit lebih keras untuk melakukan panduan ke–2 karena fitur ini menggunakan metode peek and pop 3D Touch. Sedangkan untuk iPhone generasi lawas yang belum mendukung 3D Touch, aksesnya cukup tekan dan tahan beberapa saat saja.