Animoji Perlu Teknologi Face ID untuk Berfungsi

"tanpa IR Filter dan dukungan TrueDepth Camera Animoji ytidak bekerja dengan lancar"
ilustrasi (Animoji, salah satu fitur yang didukung teknologi Face ID di iPhone X)

KLIKPOSITIF-iMore membuktikan salah satu fitur baru milik iPhone X yakni Animoji memang membutuhkan sensor di Face ID untuk bisa beroperasi. Temuannya membuktikan fitur Animoji memerlukan TrueDepth Camera untuk tetap dapat berjalan dengan lancar. Ini sekaligus membantah inormasi yang beredar sebelumnya tentang Animoji yang bisa beroperasi tanpa teknologi Face ID.

Laman iMore juga menyebutkan IR Filter tetap digunakan pada Animoji namun dalam periode tertentu sebagai cara mengecek kemiringan wajah dan detail lainnya. Animoji tetap dapat merekam wajah pengguna dan mengubahnya dalam tampilan animasi Emoji meskipun IR Filter ditutup, namun hasilnya tidak bisa detail dan terlihat alami.

Chief in Editor iMore Rene Ritchie juga memberikan perbandingan. Misalnya aplikasi Snapchat dengan live filter. Aplikasi ini telah lama memiliki mode merekam wajah pengguna dan menambahkan hiasan yang lucu, seolah menempel ke wajah. Bisa dibilang menggunakan teknologi yang hampir sama dengan Animoji. Namun detail Snapchat Filter jelas terlihat jauh berbeda jika kamu bandingkan dengan Animoji iPhone X.

Ini bisa salah satu alasan Apple untuk merilis teknologi Animoji, hanya di iPhone X saja. Karena jika berjalan tanpa IR Filter dan serangkaian TrueDepth Camera, Animoji tidak akan menarik dan bekerja secara halus dengan pemetaan wajah detail. Animoji juga bisa dibilang masih sangat mendasar di iPhone X.