Jual Saham, Uber Terima Dana Investasi Rp135 Triliun

"SoftBank akan membeli 14 persen saham Uber"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Perusahaan layanan transportasi online Uber telah menjual sahamnya kepada SoftBank Group. Penjualan saham ini akan memberikan dana segar mencapai 10 miliar dollar AS setara Rp 135 triliun untuk Uber.

Diketahui konsorsium investor yang dipimpin SoftBank akan membeli 14 persen saham. Saham tersebut merupakan kombinasi yang sudah ada dan saham baru yang akan diterbitkan. Dari nilai 10 miliar dollar AS tersebut, 1 miliar dollar AS bakal dibayar SoftBank secara tunai untuk pembelian saham baru.

Dana sebesar 9 miliar dollar AS sisanya untuk membeli saham existing. Softbank bakal membeli saham existing Uber dengan cara tender offer. Ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menuntaskannya.

Selama proses tersebut, harga saham existing Uber juga bakal ditentukan. Sebagai bagian dari kesepakatan, SoftBank juga bakal mendapatkan dua jabatan kursi direksi Uber. Jika investor enggan menjual saham mereka, dan SoftBank tidak bisa memenuhi ambang 14 persen kepemilikan Uber, maka SoftBank bakal mundur dari kesepakatan.

Uber sebenarnya sedang tidak dalam posisi membutuhkan suntikan dana. Namun investasi dari Softbank ini bakal membuat investor lain menjual sahamnya, sehingga Uber bisa mendapatkan untung besar. Uber menjadi perusahaan ride-sharing terbaru yang diinvestasi SoftBank.