Peramban Chrome Atasi Iklan Redirect

"mengatasi iklan redirect bisa dilakukan dengan update sekuriti Chrome "
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Ketika melakukan browsing di peramban Chrome, seringkali pengguna dialihkan untuk melihat sebuah iklan. Ini disebut juga dengan redirect yang menjadi cara pembuat iklan untuk mengakali pop-up blocker di peramban.

Google Chrome berencana untuk menghapus iklan redirect yang muncul di peramban. Pengalihan laman ke situs iklan itu adalah ulah penyedia konten pihak ketiga yang menanam iklan di laman bersangkutan. Cara untuk mengatasi iklan redirect bisa dilakukan dengan update sekuriti Chrome yang akan disalurkan secara bertahap.

Upaya redirect akan dicegat dan hanya ditampilkan sebagai infobar pada Chrome 64. Pengunjung pun akan tetap berada di laman semula dan tak dialihkan ke situs lain. Perkara laman tujuan terbuka di tab lain, sementara laman semula malah menampilkan iklan tadi akan diatasi oleh Chome 65 yang akan mencegat perilaku seperti ini.

Update sekuriti untuk mencegah iklan-iklan redirect rencananya akan mulai disalurkan untuk para penguna Chrome pada Januarii 2018 mendatang. Google turut menyediakan Abusive Experiences Report bagi para pengelola situs, untuk melihat apakah lamannya direcoki oleh iklan redirect atau tidak.

Iklan redirect yang membuat pengguna frustrasi terjadi saat pengguna membuka sebuah tautan, lama yang dituju akan terbuka di rab baru. Sedangkan window utama dialihkan ke laman iklan yang tidak diinginkan.