Aplikasi Safari Bisa Disembunyikan

"Safari memang tidak bisa dihapus seperti beberapa aplikasi bawaan lainnya"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Peramban bawaan di perangkat iOS dan komputer Mac, Safari memang tidak bisa dihapus seperti beberapa aplikasi bawaan lainnya. Menghapus Safari mungkin bisa menyebabkan rusaknya sistem operasi. Pasalnya banyak kerja online yang langsung terkait dengan perangkat ini.

Meski tidak bisa dihapus, ternyata aplikasi bawaan ini bisa disembunyikan. Namun cara menyembunyikan aplikasi ini hanya tersedia untu perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Pertama akses menu Settings kemudian masuk ke panel General. Setelah itu masuk ke menu Restrictions. Pengguna harus mengaktifkan fitur Restrictions jika belum pernah menggunakannya selama ini. Buat 4 digit kode keamanan dan catat di tempat yang aman.

Setelah masuk ke Restriction, tekan tombol Safari untuk mematikan aksesnya di Homescreen. Jika telah selesai tutup aplikasi Settings. Pengguna tetap bisa akses beragam tautan dari sosial media seperti Twitter, Facebook atau MM Reader dan menggunakan fitur in-app browser. Namun dengan in-app browser, pengguna hanya bisa membaca dan menekan tautan lain saja di dalamnya alias tidak bisa menuliskan URL yang ingin dituju seperti jika menggunakan Safari.

Pengguna juga bisa memberikan pembatasan akses Safari dengan cara lain. Misalkan blokir akses ke sebuah website atau aktifkan Safari dalam mode Limit Adult Content atau membatasi konten dewasa.