Tak Bisa Dilacak, Pemerintah Tiongkok Tutup Jaringan LTE untuk Apple Watch 3

"pemerintah tidak bisa melacak lokasi pengguna karena teknologi eSim"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pengguna Apple Watch Series 3 dengan koneksi jaringan LTEkini tidak bisa lagi digunakan di Tiongkok. Pasalnya pemerintah negara tirai bambu tersebut menutup akses jaringan data LTE untuk perangkat jam tangan pintar milik Apple.

Kabar ini disampaikan oleh 3 operator besar di Tiongkok. Sebelumnya tiga operator ini telah mendukung teknologi eSim untuk Apple Watch. Teknologi eSim membuat membuat pengguna bisa meninggalkan ponselnya di rumah.

Hal inilah yang menurut para analis, menjadi alasan pemerntah Tiongkok menutup akses jaringan. Jika ponsel bisa ditinggalkan di rumah, artinya pemerintah tidak bisa melacak lokasi pengguna. Operator besar di Tiongkok, China Unicom menyebutkan akses LTE di Apple Watch Series 3 yang sebelumnya dapat dinikmati oleh para pelanggannya adalah bentuk percobaan awal saja.

Pihak Apple melaporkan telah mengetahui masalah ini dan akan melakukan penyelidikan secara lebih lanjut. Namun Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi di Tiongkok masih belum memberikan penjelasan. Pemerintah Tiongkok dan Apple memang sempat beberapa kali mengalami ketegangan atau permintaan yang khusus. Tiongkok memang terkenal sebagai negara yang sangat ketat dalam hal melindungi koneksi internet dan penggunaan sosial media.