Apple Segera Tinggalkan Teknologi Touch ID

" sensor Touch ID pertama kali dipasang di iPhone 5s pada 2013"
ilustrasi: teknologi Taouch ID (net)

KLIKPOSITIF-Apple diberitakan tidak akan menggunakan teknologi Touch ID atau sensor pemindai sidik jari untuk perangkat iPhone yang tahun depan. Analis KGI Securities Ming Chi Kuo melaporkan dalam catatannya, bahwa Apple hanya akan memasang teknologi pengenalan wajah Face ID untuk semua model iPhone 2018.

Ming menilai teknologi Face ID yang berfungsi untuk otentifikasi membuka layar iPhone lewat wajah pengguna dinilai sebagai fitur yang menguntungkan untuk bersaing dengan para kompetitor Apple. Dan teknologi ini menjadi nilai jual yang menarik.

Teknologi Face ID disebutkan masih bakal menjadi fitur andalan di iPhone 2018 seiring Apple berencana menjadi pemimpin pasar dalam teknologi penginderaan 3D.
Ming menyebut para kompetitor Apple setidaknya membutuhkan waktu dua tahun setengah untuk mampu mengembangkan teknologi sistem kamera pengenalan wajah mirip seperti Face ID di iPhone X.

Jika hal ini benar, maka semua model iPhone 2018 dipastikan bakal mengusung desain layar nyaris tanpa bingkai (bezeless) sepertinya iPhone X yang beberapa minggu ke depan mulai dipasarkan. Apple sendiri sudah mengadopsi sensor Touch ID sejak 2013 lalu di iPhone 5s. Face ID diklaim jauh lebih aman dan sangat sulit dimanipulasi daripada Touch ID. Keamanan Face ID adalah 1: 1.000.000 dibanding Touch ID yang keamanannya hanya 1:50.000.