Ilmuwan Uji Sistem Peringatan Asteroid dari Luar Angkasa

" memberi para ilmuwan kesempatan menguji sistem peringatan yang akan menendang jika ada tabrakan luar angkasa."
Asteroid 2012 TC4 mendekati Bumi yang jaraknya hanya sekitar 44 ribu km (27.000 mil) (pixabay)

KLIKPOSITIF - Asteroid seukuran bus sekolah terbang sangat dekat dengan Bumi, Kamis (12/10) memberi para ilmuwan kesempatan menguji sistem peringatan yang akan menendang jika ada tabrakan luar angkasa.

Asteroid 2012 TC4 mendekati Bumi yang jaraknya hanya sekitar 44 ribu km (27.000 mil), yang tidak ada dalam istilah Universe. Tidak ada risiko hit yang sebenarnya, meskipun asteroid itu masuk dengan baik di dalam orbit Bulan dan satelit buatan manusia.

"Pada dasarnya, kami berpura-pura bahwa ini adalah objek 'kritis' dengan risiko tinggi yang berdampak pada Bumi dan menggunakan saluran komunikasi dan teleskop serta sistem radar yang digunakan untuk pengamatan," kata Detlef Koschny dari European Space Agency dalam sebuah posting blog tentang situs agensi

Hasilnya tercampur

Dilansir dari laman reuters, Koschny mengatakan satu sistem radar besar di Puerto Riko tidak bekerja karena kerusakan akibat Badai Maria namun sistem radar berbasis A.S. lainnya digunakan sebagai gantinya.

"Inilah mengapa kami melakukan latihan ini - untuk tidak terkejut dengan hal-hal ini," katanya.

Gambar radar menunjukkan asteroid sekitar 10 sampai 12 meter (meter) lebar, kira-kira seukuran asteroid yang meledak di Chelyabinsk, Rusia pada tahun 2013 sehingga menyebabkan lebih dari 1.000 orang terluka oleh kaca terbang dan puing-puing.

Koschny mengatakan bahwa ESA sekarang perlu memperbarui prediksi tentang seberapa dekat TC4 2012 akan datang ke Bumi pada flyby berikutnya, yang sejauh ini telah diperkirakan pada tahun 2079.