Oculus Go, Perangkat VR Murah dari Facebook

"Resolusi ini bisa mereduksi efek screen door"
Perangkat Virtual Reality Oculus Go dari Facebook (net)

KLIKPOSITIF-Di tengah pilihan perangkat Virtual Reality (VR) yang terbatas Facebook menciptakan perangkat VR yang bebas. Bebas artinya perangkat ini tidak perlu tersambung pada komputer atau ponsel pintar untuk bisa dioperasikan.

Perangkat VR milik Facebook mirip dengan headset dan dinamakan Oculus Go. Perangkat ini memiliki layar LCD fast-switch dengan resolusi 2.560 x 1.440 pixel. Resolusi ini bisa mereduksi efek screen door atau garis yang muncul di antara piksel. Ini sekaligus mengurangi lag atau jeda waktu antara input pengguna dan respons di layar headset.

Dilansir dari the Guardian, analis firma riset pasar Gartner, Brian Blau mengatakan strategi Facebook soal industri VR adalah membuat teknologi tersebut semurah dan semudah mungkin untuk dipakai. Apalagi perangkat ini dibanderol dengan harga kurang dari 200 dolar AS.

Menurut Blau harga perangkat ini tidak mahal untuk pengguna yang ingin mencicipi VR. Biasanya headset VR besar berharga mahal dan harus tersambung ke PC. Pilihan lain yang lebih murah tentu tidak diiringi dengan kualitas yang baik.

Harga ini jauh lebih murah dibandingkan headset VR Facebook sebelumnya, Oculus Rift, yang dibanderol 599 dollar AS (sekitar Rp 8 juta) saat pertama meluncur dan masih butuh komputer berharga setidaknya 500 dollar AS untuk bisa bekerja.

Headset VR ini akan mulai dipasarkan pada 2018 nanti. Oculus Go bakal diposisikan di antara headset VR high-end macam Oculus Rift dan HTC Vive, serta headset VR untuk smartphone seperti Samsung Gear VR dan Google Daydream View.