Mengenal Fitur Drag and Drop di iOS 11

"Fitur ini baru tersedia untuk perangkat iPad saja"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-iOS 11, sistem operasi baru yang diluncurkan oleh Apple menyimpan salah satu fitur menarik berupa Drag and Drop. Hanya saja Drag & Drop itu disematkan pada perangkat iPad yang menjanjikan banyak kemudahan dan peningkatan produktivitas.

Meskipun fitur ini hanya dikenalkan oleh Apple untuk pengguna iPad saja, ternyata barisan kode program tersebut juga tersimpan pada perangkat iPhone. Pengembang iOS bernama Steve T-S menemukan hal tersebut dan dapat mengaktifkan fiturnya lewat iOS Simulator di perangkat komputer Mac.

Steve menjelaskan beberapa hal mengenai Drag and Drop di iPhone dan prediksinya, kenapa Apple tidak merilis fitur tersebut. Yaitu kemungkinan berupa perangkat iPhone 8 yang tidak lagi menggunakan Home Button dalam bentuk fisik dan berfungsi sebagai drop target bagi fitur tersebut.

Analisa lain juga menyebutkan bahwa hal ini ditutup oleh Apple untuk membuat pengguna tetap membeli perangkat iPad – namun Steve menganggap jalan pikiran ini bukan rencana Apple. Dia juga menyebutkan jika fitur ini ada di dalam kode program iOS 11 untuk iPhone,. Terutama dari komunitas Jailbreak yang sebelumnya berhasil membuat tweak untuk keyboard satu tangan yang juga ditemukan oleh Steve di iOS 10 beberapa bulan lalu.