Ini Cara Ganti Oli Mesin yang Tepat

"Jika melalui rute perkotaan jarak tempuh mobil 10 km bisa 1 jam lebih"
ganti oil yang benar itu adalah sesuai dengan putaran mesin. (Net)

KLIKPOSITIF - Kebanyakan pengguna kendaraan apabila ingin mengganti oli mesin berpedoman pada angka kilo meter yang muncul di layar speedometer. Menggunakan angka yang tertera pada kilometer untuk menentukan waktu pergantian oli ternyata tidak sepenuhnya tepat.Menurut teknisi teknisi bengkel JJ Edi S hal ini sering dipahami dengan salah.

Dia mengatakan ganti oil yang benar itu adalah sesuai dengan putaran mesin. Jika melalui rute perkotaan jarak tempuh mobil 10 km bisa 1 jam lebih. Namun putaran mesinnya bisa lebih dari 10 km. Hal ini menunjukkan jarak tempuh tersebut belum sebanding dengan putaran mesinnya. Intinya mesin tetap berputar, meski karena dalam 10 km perjalanan mobil bisa saja kena macet,

Putaran mesin tentu mempengaruhi kualitas oli. Maka mengganti oil sebaiknya sesuai dengan ukuran waktu. Misalnya satu bulan sekali atau dua bulan sekali bergantung pemakaian kendaraan.

Penggunaan mesin akan berpengaruh pada kualitas oli, begitu pula sebaliknya. Lebih baik rutin ganti oli ketimbang ganti isi jeroan mesin akibat kualitas oli sudah jenuh.