Ilmuwan Ciptakan Elektron Elastis dari Bahan Karet

"Penemuan itu bisa digunakan untuk monitor kesehatan"
Ilustrasi (Xinhua)

KLIKPOSITIF - Para ilmuwan di University of Houston berhasil menciptakan bentuk baru elektronik yang dapat direnggangkan dengan menggunakan bahan karet. Penemuan itu bisa digunakan untuk monitor kesehatan, implan medis dan kulit buatan.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Science Advances, para peneliti menggambarkan strategi baru untuk mengembangkan materi elektronik yang dapat direnggangkan dan dalam format yang mirip dengan karet.

"Material elektronik konvensional, terutama semikonduktor, rapuh dan tidak dapat dilarutkan. Untuk mengaktifkan peregangan mekanis, strategi rekayasa struktur untuk menciptakan arsitektur mekanis, seperti bergelombang, serpentin, kirigami, dan lain-lain, pada umumnya telah digunakan," kata penulis, Cunjiang Yu, asisten profesor di University of Houston, Minggu (10/9).

"Namun, strategi seperti itu terkait dengan perancangan struktur dan fabrikasi yang kompleks, stabilitas struktural yang rendah, dan biaya tinggi," kata Yu.

Dalam pekerjaan mereka, Yu dan timnya mengembangkan nanokomposit karet yang dapat diregangkan secara alami yang terbuat dari semua bahan elastomerik, termasuk karet silikon dan nano-fibril semikonduktor organik.

Atas dasar ini, transistor karet - blok bangunan fundamental untuk sirkuit - dan sensor karet yang mampu mengukur regangan, tekanan dan suhu telah berhasil dibuat. Pengujian laboratorium menunjukkan bahwa mereka tetap fungsional sementara diregangkan hingga 50 persen.

"Strategi kami memiliki kelebihan dalam fabrikasi sederhana, manufaktur terukur, integrasi perangkat dengan kepadatan tinggi, toleransi regangan yang besar, ketahanan, dan biaya rendah," kata Yu.

Untuk menggambarkan beberapa aplikasi yang menjanjikan, para peneliti mengeksplorasi penggunaan sensor mereka sebagai kulit cerdas untuk robot dengan menggabungkannya ke sarung tangan untuk memungkinkan terjemahan bahasa isyarat.

Dilansir dari laman ... Baca halaman selanjutnya