Pesawat Ruang Angkasa AS Siap Terjun ke Saturnus

"engan mengirimkan data sampai saat terakhir sebelum terjun ke atmosfer "
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Pesawat ruang angkasa Cassini milik badan antariksa AS akan mengakhiri misi 13 tahun ke Saturnus pada pertengahan September, dengan mengirimkan data sampai saat terakhir sebelum terjun ke atmosfer kata beberapa pejabat, Selasa (29/8).

Cassini, pesawat ruang angkasa pertama yang mengorbit Saturnus, akan membuat selingan terakhir dari 22 perpisahan-perpisahan antara cincin dan permukaan planet pada 15 September. Pesawat ruang angkasa kemudian akan terbakar saat menuju atmosfer penghancur raksasa gas tersebut.

Penyelaman terakhir Cassini akan mengakhiri sebuah misi yang memberikan penemuan inovatif yang mencakup perubahan musiman di Saturnus, kemiripan bulan Titan dengan Bumi purba serta lautan global di bulan Enceladus dengan lapisan es menyembul dari permukaannya.

"Misi tersebut sangat gila-gilaan, sangat sukses dan berhasil, dan akan berakhir dalam waktu sekitar dua minggu," kata Curt Niebur, ilmuwan program Cassini saat konferensi telepon dari Laboratorium Propulsi Jet NASA, California.

"Foto terakhir Cassini saat memasuki atmosfer Saturnus kemungkinan akan menjadi baling-baling, atau celah di cincin yang disebabkan oleh moonlets," kata ilmuwan proyek Linda Spilker.

"Pesawat ruang angkasa tersebut akan menyediakan data real-time di atmosfer sampai kehilangan kontak dengan Bumi pada pukul 4:54 pagi PDT (1154 GMT) pada 15 September," kata Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Spilker mengatakan data terbaru Cassini mengenai cincin tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki massa yang lebih ringan dari perkiraan. Itu menunjukkan bahwa mereka lebih muda dari perkiraan, sekitar 120 juta tahun, dan karenanya diciptakan setelah kelahiran tata surya.

Selama orbit terakhirnya antara atmosfer dan cincin, Cassini juga mempelajari atmosfer Saturnus dan melakukan pengukuran untuk menentukan ukuran inti batu yang berbatu.

Cassini telah menyelidiki Saturnus, planet keenam dari ... Baca halaman selanjutnya