Trik Membuat Screenshot di MacBook

"Ada juga cara menyimpan screenshot di Clipboard"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Screenshot adalah gambar yang diambil dari layar yang tampil di perangkat elektronik. Beda perangkat akan beda pula cara mengambil screenshotnya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot di perangkat komputer MacBook.

Ada beberapa bagian yang bisa diambil screenshotnya. Pertama adaah mengambil seluruh permukaan layar. Caranya dengan ekan tombol Shift + Command + 3. Cari hasil screenshot di Desktop dengan nama Screen Shot diikuti tanggal dan waktu. Formatnya adalan dokumen gambar dengan format .png.

Kedua mengambil screenshot pada bagian pilihan. Fitur ini berfungsi untuk membuat gambar screenshot pada bagian tertentu saja, bukan semua permukaan layar. Carannya dengan menekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah (pointer) akan beralih menjadi tanda crosshair atau garis + dengan lingkaran pada bagian dalam.

Screenshot yang ketiga adalah mengambil gambar di jendela aplikasi. Caranya menekan dan tahan klik kiri mouse untuk memulai seleksi bagian layar yang akan dibuat menjadi screenshot. Setelah cukup, silakan lepas dan hasil screenshot akan tampil di Desktop.

Ada juga cara menyimpan screenshot di Clipboard. Semua cara di atas akan membuat dokumen screenshot tampil di Desktop. Ada juga trik yang bisa dilakukan agar screenshot bisa tersimpan di Clipboard.

Caranya dengan menekan tompol Control + Shift + Command + 3 untuk screenshot seluruh layar dan simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v di aplikasi edit gambar atau aplikasi chat (iMessage misalnya) untuk paste gambar yang kamu simpan di clipboard.
Control + Shift + Command + 5 untuk screenshot bagian terpilih di layar yang kamu lakukan dan simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v untuk paste.