Samsung Terima Rp46,6 Triliun dari Google

"Samsung diperkirakan bisa meraup Rp 46,6 triliun dari kerjasama dengan Google"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Google mengikat kontrak dengan Samsung untuk memastikan mesin pencari Google sebagai layanan bawaan alias preinstall tetap tertanam dalam produk milik Samsung. Samsung diperkirakan bisa meraup 3,5 miliar dollar AS atau Rp 46,6 triliun dari kerjasama ini.

Jumlah uang yang akan diterima Samsung juga tergantung pada pendapatan iklan Google dari layanan preinstall di jejeran perangkat Galaxy. Selain Samsung, Apple juga menerima kontrak lisensi serupa. Google disebut berani membayar 3 miliar dollar AS atau Rp 40 triliun ke Apple agar mesin pencarinya terpatri otomatis di lini iPhone dan iPad.

Nominal itu meningkat dari yang sebelumnya cuma 1 miliar dollar AS atau Rp 13 triliun pada 2014 lalu. Jumlah yang dibayarkan itu baru berupa estimasi karena transaksinya bertahap selama setahun. Nilai kontrak yang tinggi bergantung pada banyaknya unit smarpthone yang dijual Samsung maupun Apple selama 12 bulan.

Hingga kini kesepakatan lisensi antara Google dengan Samsung dan Google dengan Apple masih terus berlangsung. Selain dua brand tersebut, ada banyak brand lain yang mematrikan mesin pencari Google sebagai layanan preinstall. Dua brand tersebut adalah yang paling signifikan menyumbang pendapatan iklan mobile Google. Bagaimana tidak, keduanya merupakan penguasa market-share ponsel saat ini.