Pemblokiran Telegram Resmi Dicabut

"Pemblokiran Telegram secara resmi telah dicabut "
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah menyampaikan pemblokiran situs web layanan pesan Telegram secara resmi telah dicabut terhitung sejak Kamis, 10 Agustus.

Dalam pengumamannya Menkominfo Rudiantara menyampaikan sebanyak 11 domain situs milik Telegram dinyatakan bebas dari sistem penyaringan alias filtering setiap Internet Service Provider (ISP) di Indonesia. Meski demikian, masih ada beberapa domain yang belum bisa diakses hingga kini.

Pencabutan pemblokiran untuk situs Telegram dilakukan karena komitmen yang disepakati bersama. Telegram bersedia mematuhi aturan yang berlaku di Indonesia dan memenuhi syarat yang sebelumnya diajukan Kominfo. Adapun syarat itu antara lain, Telegram membuat government channel khusus agar komunikasi dengan Kominfo lebih cepat dan efisien.

Selain itu, Kominfo diberikan otoritas sebagai trusted flagger terhadap akun atau kanal dalam Telegram. Kominfo juga meminta ada perwakilan Telegram yang khusus berada di Indonesia. Perwakilan itu harus mengetahui bahasa dan kebudayaan di Indonesia, sehingga berbagai pengaduan bisa dikomunikasikan lebih lancar.