Tas Bulan Neil Armstrong Terjual Seharga $ 1,8 Juta

"Tas itu, yang selama bertahun-tahun tidak teridentifikasi di sebuah kotak di Johnson Space Center di Houston"
(Net)

KLIKPOSITIF - Tas yang digunakan oleh astronot AS Neil Armstrong untuk membawa sampel debu bulan pertama ke bumi dijual kepada penawar anonim seharga $ 1,8 juta pada sebuah lelang di New York, Kamis (20/7) yang menandai ulang tahun ke-48 pendaratan pertama di bulan.

"Tas itu, yang selama bertahun-tahun tidak teridentifikasi di sebuah kotak di Johnson Space Center di Houston, dibeli oleh orang yang penawaran dilakukan melalui telepon yang namanya tidak ingin disebutkan secara terbuka," kata juru lelang kata Sotheby's.

Auctioneers mengharapkan tas itu bisa terjual antara $ 2 juta dan $ 4 juta. Itu adalah barang dengan nilai tertinggi di lelang memorabilia bulan yang menyertakan rencana penerbangan Apollo 13 yang diberi catatan oleh krunya, yang dijual seharga $ 275 ribu.

Sebuah pesawat ruang angkasa yang dipakai oleh astronot AS Gus Grissom, yang dijual seharga $ 43.750, dan gambar terkenal Buzz Aldrin dari Apollo 11 di bulan yang diambil oleh Neil Armstrong, yang menghasilkan $ 35 ribu.

Setelah Armstrong dan awak Apollo 11 datang pada bulan Juli 1969, tas berukuran 12 inci dengan tas berukuran 8,5 inci (30 cm x 22 cm) berlabel "Lunar Sample Return, tidak diketahui selama beberapa dekade.
Setelah menghilang dari Johnson pusat, tas itu muncul di garasi manajer sebuah museum Kansas, Max Ary, yang dihukum karena pencurian pada tahun 2014.

Dilansir dari laman reuters, Tas tersebut disita oleh US Marshals Service yang memasangnya untuk dilelang tiga kali dengan dibeli pada tahun 2015 seharga $ 995 oleh pengacara Chicago, Nancy Lee Carlson.

Dia mengirim tas itu ke NASA untuk mendapatkan autentikasi, dan saat tes menunjukkan bahwa itu digunakan oleh Armstrong dan masih memiliki jejak debu bulan di dalamnya, badan luar angkasa AS memutuskan untuk menyimpannya.

Carlson berhasil menggugat NASA untuk mengembalikan tas tersebut, setelah mendapatkannya, Carlson memutuskan untuk melelangnya ... Baca halaman selanjutnya