Singapura Gunakan Ponsel untuk Pembayaran Tarif Bus dan Kereta

"Penumpang bus ataupun kereta hanya meletakkan ponsel mereka di MRT"
Para pengguna bus dan kereta di Singapura bisa menggunakan ponsel untuk membayar tarif perjalanan bus dan kereta api (http://news.asiaone.com/)


KLIKPOSITIF - Para pengguna bus dan kereta di Singapura bisa menggunakan ponsel yang terhubung dengan teknolgi Near Field Communication (NFC) untuk membayar tarif perjalanan bus dan kereta api.

Dilansir dari AsiaOne, sama dengan penggunaan kartu perjalanan Ez-Link, penumpang bus ataupun kereta hanya meletakkan ponsel mereka di MRT dan LRT gantri dan pembaca kartu bus.

Saat ini 19 ponsel; termasuk model LG, Samsung, dan Sony yang kompatible dengan tujuan pembayaran model terbaru akan ditambahkan secara progresif.

Penumpang hanya harus membeli kartu NFC SIM baru dari perusahaan telekomunikasi mereka yang Cepas (Contactless e Purse Aplikasi) compliant, kemudian mengaktifkan fungsi NFC pada ponsel mereka untuk melakukan pembayaran atau untuk naik kendaraan publik itu.

"Ini adalah hal bersejarah dalam penggunaan teknologi NFC pada angkutan umum di Singapura," ujar kepala Land Teansport Authority (LTA) Chew Men Leong.

"Kami telah mencoba beberapa sistem pembayaran yang inovatif dan memasukkan sistem SIMS NFC dan model ponsel ke dalam angkutan umum serta memanfaatkan teknologi untuk membawa kenyamanan lebih kepada penumpang dalam melakukan perjalanan mereka," tambahnya.

Pelaksanaan pembayaran NFC untuk bus dan kereta api mengikuti sidang bersama antara LTA, Otoritas Intercomm Development of Singapura dan EZ-Link yang selesai pada akhir Februari lalu.

Percobaan ... Baca halaman selanjutnya