NASA Umumkan Ratusan Calon Planet Baru

" 10 berada di dekat ukuran Bumi dan mengorbit di zona layak huni"
Badan antariksa AS, NASA mengumumkan bahwa teleskop luar angkasa Kepler telah menemukan 219 calon planet baru di luar Tata Surya (pixabay)

KLIKPOSITIF - Badan antariksa AS, NASA mengumumkan bahwa teleskop luar angkasa Kepler telah menemukan 219 calon planet baru di luar Tata Surya.

Dari jumlah tersebut, 10 berada di dekat ukuran Bumi dan mengorbit di zona layak huni bintang mereka, yang merupakan jarak dari sebuah bintang dimana air bisa berada di permukaan planet berbatu untuk mendukung kehidupan.

Dilansir dari laman xinhua, Kepler telah mendeteksi sebanyak 4.034 calon planet dan 2.335 telah diverifikasi sebagai exoplanet. Dari kira-kira 50 calon zona layak huni dekat Bumi yang dideteksi oleh Kepler, lebih dari 30 telah diverifikasi.

"Ini adalah pelepasan katalog exoplanet kandidat paling komprehensif dan terperinci, yang merupakan planet di luar tata surya kita, dari data empat tahun pertama Kepler. Ini juga katalog terakhir dari pandangan pesawat ruang angkasa tentang patch langit di rasi Cygnus," kata NASA dalam sebuah pernyataan, Senin (19/6).

Pesawat ruang angkasa Kepler diluncurkan pada tahun 2009. Misinya untuk mencari daerah terdekat galaksi kita untuk planet-planet ekstrasurya dengan mendeteksi transit, atau setetes dingin dalam kecerahan bintang yang terjadi saat sebuah planet melintasi di depannya.

Studi lain yang menggunakan data Kepler menyarankan dua pengelompokan ukuran planet kecil yang berbeda, dimana badan mirip Bumi berbatu dan planet gas yang lebih kecil dari Jupiter. Beberapa planet ditemukan di antara kelompok tersebut.

"Kami ingin memikirkan studi ini sebagai pengklasifikasian planet dengan cara yang sama seperti ahli biologi mengidentifikasi spesies hewan baru," kata Benjamin Fulton, kandidat doktoral di University of Hawaii di Manoa, dan penulis utama studi kedua itu.

"Menemukan dua kelompok eksoplanet yang berbeda seperti menemukan mamalia dan kadal membentuk cabang pohon keluarga yang berbeda. Tampaknya alam umumnya membuat planet berbatu hingga sekitar 75 persen lebih besar dari Bumi," kata ... Baca halaman selanjutnya