Mengenal Airplay 2 yang Bakal Hadir di iOS11

"Airplay akan menghubungkan beberapa perangkat iOS dalam satu jaringan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Dalam sistem operasi baru miliknya yakni iOS 11, Apple mengenalkan update fitur AirPlay 2. Fitur ini berfungsi untuk koneksi perangkat iOS ke perangkat lain untuk berbagi tampilan visual atau audio via Wi-Fi.

Airplay akan menghubungkan beberapa perangkat iOS dalam satu jaringan. Fitur ini akan hadirdalam versi 2 dengan peningkatan utama di sektor dokumen audio. AirPlay 2 adalah teknologi terbaru untuk terhubung dengan beberapa AirPlay Speaker sekaligus di dalam rumah. Kamu dapat mengendalikan speaker di beberapa ruangan secara bersamaan misalkan untuk mengatur volumenya atau beberapa hal lainnya.

Dengan fitur ini kontrol atas beberapa speaker tersebut cukup dilakukan oleh sebuah perangkat iOS 11 saja lewat Control Center atau aplikasi pemutar musik yang digunakan dan sudah mendukung AirPlay 2.

Jika menggunakan perangkat dengan teknologi HomeKit di rumah, silahkan akses aplikasi Home di perangkat iOS. Daftarkan speaker yang digunakan dan sudah mendukung AirPlay 2 dengan daftar ruangan yang ada di rumah. Dengan cara tersebut, setiap speaker yang ingin dikendalikan untuk memutar musik dapat tampil di app Home atau akses lewat Control Center.

Apple juga menjelaskan bahwa perangkat Apple TV generasi 4 dengan tvOS 11 juga mendukung AirPlay 2. Pengguna bisa memutar musik di Apple Music, sambil membuat ruangan lain di rumah tersebut mendapatkan suara yang sama dengan Speaker yang mendukung AirPlay 2. Setiap perangkat audio yang terhubung ke Apple TV akan otomatis menjadi speaker yang mendukung AirPlay 2.

Pengguna bisa juga mengirimkan dokumen audio ke perangkat speaker tersebut lewat perangkat iOS 11 dan tidak perlu membeli speaker khusus lagi. Untuk saat ini hanya Apple HomePod saja yang mendukung AirPlay 2 sebagai cara terhubung secara nirkabel ke iOS 11.

Rencananya beragam merek speaker ternama di dunia juga dapat merilis update dengan dukungan AirPlay 2 untuk perangkat iOS 11, tvOS 11 dan macOS High ... Baca halaman selanjutnya