Puluhan Perusahaan Incar Proyek Tenaga Surya Kedua di Zambia

"Industrial Development Corporation (IDC) mengundang sektor swasta untuk mengajukan penawaran tahap kedua program tata surya"
ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Dua puluh satu perusahaan mengajukan permohonan untuk dua proyek tenaga surya kedua di Zambia. Pada bulan Maret tahun ini, Industrial Development Corporation (IDC) mengundang sektor swasta untuk mengajukan penawaran tahap kedua program tata surya.

Dilansir dari laman xinhua, tahap kedua datang setelah tender yang berhasil sampai 100 megawatt proyek surya pada tahap pertama yang diberikan kepada perusahaan Prancis, Neoen SAS Tahap kedua melibatkan pengembangan sekitar 200 megawatt tanaman surya.

IDC mengatakan bahwa mereka senang dengan banyaknya investor yang tertarik pada inisiatif kekuatan berskala grid setelah penutupan pengajuan pada 5 Mei 2017.

"Jumlah peserta lelang sangat bagus, dengan pengajuan yang mencakup banyak pengembang energi terbarukan internasional terkemuka serta sejumlah besar pemain lokal dan regional," katanya.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa IDC akan mengumumkan pemenang yang berhasil setelah mengevaluasi penawaran. Pada bulan Juli 2015, Presiden Edgar Lungu mengarahkan IDC untuk meminta aplikasi agar dapat memulai proses pemulihan defisit daya di negara Afrika bagian selatan. Ini menyusul penandatanganan kesepakatan dengan International Finance Corporation (IFC) untuk mengembangkan proyek surya.