NASA: Curah Hujan Akan Meningkat karena Pemanasan

"sebagian besar model iklim global mungkin meremehkan penurunan awan tinggi di daerah tropis"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Sebuah studi baru NASA memperingatkan bahwa jumlah hujan yang akan turun di daerah tropis Bumi akan meningkat saat planet kita terus menghangat.

Menurut studi baru yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications, sebagian besar model iklim global mungkin meremehkan penurunan awan tinggi di daerah tropis yang terlihat pada pengamatan NASA baru-baru ini.

Secara global, curah hujan tidak terkait hanya dengan awan yang tersedia untuk menghasilkan hujan tapi juga untuk "anggaran energi" Bumi dimana perbandingan energi yang masuk dari matahari dengan energi panas keluar.

Dilansir dari laman xinhua, menurut penelitian yang berjudul "Pengetatan Pendakian Tropis dan Awan Tinggi Mengunci Perubahan Presipitasi dalam Iklim yang Lebih hangat" atap awan tropis dengan ketinggian menjebak panas di atmosfer, namun jika ada sedikit awan di masa depan, atmosfer tropis akan dingin, dan uap air pendingin di atmosfer bagian atas yang dingin akan mengembun dan mengubahnya menjadi tetesan hujan atau Partikel es sehingga inilah yang melepaskan panasnya dan menghangatkan atmosfer.

Dilihat dari perubahan awan yang diamati dalam beberapa dasawarsa terakhir, nampak bahwa atmosfer akan menciptakan sedikit awan tinggi sebagai respons terhadap pemanasan permukaan. Ini juga akan meningkatkan curah hujan tropis, yang akan menghangatkan udara untuk menyeimbangkan pendinginan dari awan tinggi yang menyusut, menurut penelitian tersebut, yang dipimpin oleh Hui Su dari agen antariksa NASA's Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.

"Studi ini menyediakan jalur memperbaiki prediksi perubahan presipitasi di masa depan," kata Su dalam sebuah pernyataan.

Dibandingkan data iklim dari beberapa dekade yang lalu dengan 23 simulasi model iklim pada periode yang sama, tim peneliti menemukan bahwa sebagian besar model iklim meremehkan tingkat kenaikan presipitasi untuk setiap tingkat pemanasan permukaan ... Baca halaman selanjutnya