Penjualan Buruk, Sony Hentikan Produksi Dua Ponsel Kelas Premium Standar

"penjualan kedua ponsel ini tidak begitu baik"
ilustrasi (net)

 

KLIKPOSITIF-Sony diberitakan akan berhenti memprodusksi dua smartphone yang terbilang masuk dalam kelas premium standar. Dua ponsel pintar ini adalah Xperia X dan Xperia X Compact yang memiliki spesifikasi flagship tapi dibanderol dengan harga kelas menengah.

Langkah menghentikan produksi ini diambil oleh Sony penjualan kedua ponsel ini tidak begitu baik. Seperti dilansir dari The Inquirer, duo Xperia X itu hanya berhasil mencapai 85 persen dari target volume penjualan, untuk pasar Jepang.

Penjualan untuk pasar internasional lebih buruk lagi. Dengan target volume penjualan yang cuma menyentuh kisaran 31 persen. Xperia X dan Xperia X Compact pun secara rata-rata hanya mencapai 43 persen targetnya secara global.

Selanjutnya Sony diduga akan kembali mengalihkan fokus ke pengembangan serta penjualan produk-produk ponsel kelas menengah dan flagship. Kategori yang disebut belakangan agaknya turut mencakup Sony Xperia XZ Premium yang dikabarkan akan segera rilis.

Smartphone Android itu dirancang untuk menantang ponsel-ponsel andalan dari pabrikan lain, seperti Samsung dengan Galaxy S8-nya. Xperia XZ Permium memiliki fitur-fitur andalan seperti chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan layar dengan resolusi 4K.

Sony tak hanya akan meluncurkan satu, melainkan dua ponsel flagship di ajang IFA 2017 di Berlin, Jerman, September mendatang. Penjualan ponsel-ponsel kelas menengah Sony seperti Xperia XA, XA Ultra, dan E5 disinyalir masih lumayan tinggi.