Aplikasi Foto Ini Bisa Mengubah Foto Hitam Putih Jadi Berwarna

"Aplikasi ini masih dikembangkan oleh peneliti"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Peneliti di University of California di Berkeley tengah mengembangkan sistem yang dapat mengubah foto hitam putih menjadi berwarna.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), mereka memadukannya dengan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh peneliti bernama Richard Zhang.

Mendapati laporan Ubergizmo, Senin (22/5/2017), Zhang telah mengembangkan teknologi tersebut sejak 2016 dan sempat melakukan peluncuran demo. Namun karena belum sempurna, akhirnya mereka membuat aplikasi agar penggunanya dapat menentukan dan memberikan petunjuk mengenai pemilihan warna.

Dengan begitu, sistem kecerdasan buatan bisa memahami warna mana yang semestinya digunakan dan menghasilkan gambar yang lebih realistis. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk memberi efek artistik, seperti memberi warna foto yang berbeda.

Hingga kini, belum ada informasi mengenai kapan muncul ketersediaan teknologi ini di perangkat lunak pengeditan foto. Namun, Zhang mengunggah aplikasinya ke GitHub jika Anda berminat mencobanya.

Sumber : okezone.com