Telegram Beri Sentuhan Baru Lewat Empat Fitur Tambahan

"Salah satu fitur baru ini adalah Video Messages"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Aplikasi antarpesan, Telegram kembali melakukan pembaruan dengan memberikan empat fitur baru. Dari empat fitur ini, dua fitur awal bisa digunakan oleh siapa saja. Fitur ini adalah Video Messages dan Telescope.

Melalui fitur Video Messages, pengguna dapat berbagi rekaman video dalam bentuk melingkar dan cara nonton yang sangat menarik. Cara menggunakan Video Messages juga sangat mudah. Tinggal tekan ikon rekaman suara di sisi kanan layar, di atas barisan keyboard. Setelah ikon mikrofon berganti menjadi bingkai foto, silahkan tekan dan tahan untuk mulai merekam video.

Video Messages di Telegram juga mendukung akses yang lebih mudah yaitu swipe ke atas dari ikon tadi untuk merekam secara nonstop. Fitur Video Messages memiliki pengaturan bawaan berupa autoplay alias unduh dan putar otomatis. Pengguna bisa mengubahnya di bagian Settings dan berikan batasan yang diperlukan – saat sedang menghemat data misalnya.

Untuk menjamin kecepatan transfer, Telegram Messenger juga mengklaim fitur Video Messages akan otomatis melakukan proses kirim video kamu bahkan ketika ada di tengah merekam video. Tampilannya juga bisa dinikmati dalam mode Picture in Picture.

Telescope adalah fitur berikutnya yang masih berhubungan dengan Video Messages. Fitur ini hadir untuk Public Channel yang dibuat di Telegram untuk membagikan informasi terbaru kepada para penggemar dalam bentuk video. Setiap video yang dibuat dalam Telescope akan berdurasi 1 menit dan memiliki tautan sendiri – bisa diakses tanpa memerlukan akun Telegram.

Untuk versi terbaru ini, Telegram Messenger resmi merilis Bot yang mendukung fitur pembayaran – Payments for Bots. Dengan layanan ini para pengembang dapat membuat sistem Bot di Telegram yang dapat menerima pembayara dan para pengguna.

Fitur lainnya adalah mode Instant View. Fitur dikembangkan menjadi Instant View Platform. Yaitu membuat template dengan bantuan Instant View ... Baca halaman selanjutnya