Penjualan Sepeda Motor Menurun, Yamaha Paling Stabil

"total penjualan Yamaha pada April, naik menjadi 101.908 unit"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebutkan angka penjualan sepeda motor mengalami penurunan. Angka ini tercatat dari data penjualan sepeda motor selama April 2017, yang melemah jika dibandingkan dengan catatan bulan sebelumnya.

Produsen besar seperti Honda mengalami hal ini. Honda, pada Maret Honda berhasil membukukan penjualan total secara nasional sebesar 358.524 unit, ketika masuk April penjualannya menurun ke angka 274.155 unit.

Begitu juga yang terjadi pada Suzuki. Meski mendapat dorongan positif dari produk Suzuki GXS series, grafik penjualannya tetap mengalami penurunan. Maret yang mencatatkan total penjualan sebanyak 8.600 unit, masuk ke April menurun menjadi 5.879 unit. Pihak Suzuki menyebut dilihat secara total market, segmen sport 150 cc memang terjadi penurunan sebanyak 18% dan sepertinya banyak memberikan imbas ke semua produsen.

Pada April 2017 memang sedikit terjadi volume produksi yang lebih rendah. Namun dikompensasikan dengan produksi bulan Mei 2017, untuk bisa memenuhi besarnya demand calon konsumen yang masih indent.

Penurunan di Suzuki terjadi lebih karena proses produksi di pabrik yang memang sedang berlangsung, sehingga barang tidak bisa terkirim ke diler dan konsumen.

Kawasaki, dari capaian 8.601 unit pada Maret, turun menjadi 6.002 pada April. Kemudian, TVS yang pada Maret bisa menjual 131 unit, pada April hanya menorehkan angka 101 unit.

Hanya ada satu Agen Pemegang Merek (APM) yang mengalami peningkatan penjualan, yakni Yamaha. Pada periode tersebut Yamaha yang bisa sedikit bernafas lega. Dari capaian total penjualan mereka pada April, naik sebesar 101.908 unit. Sebelumnya, Maret hanya mampu tembus di angka 98.040 unit saja.