BPJS Kesehatan Padang Lakukan Cara Ini untuk Tangkis Virus Ransomware

"Tidak ada pematian jaringan, pelayanan tetap berjalan seperti biasanya"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Padang menggunakan sistem jaringan internet khusus untuk kompter operasional mereka agar terhindar dari serangan virus Ransomware WannaCrypt.

Penggunaan sistem jaringan khusus atau jaringan pribadi tersebut juga disebut dengan istilah VPN (Virtual Private Network). Dengan fasilitas itu, BPJS Padang mengaku peralatan komputer mereka tetap aman.

"Aplikasi kami pakai pake VPN. Jadi tidak ada pematian jaringan, pelayanan tetap berjalan seperti biasanya," kata staff Humas BPJS Padang, Bobby A Andrean pada KLIKPOSITIF.

Virtual Private Network sendiri merupakan hubungan antara jaringan komputer satu dengan jaringan komputer yang lain secara privat melalui jaringan internet. VPN juga bisa diartikan sebagai jaringan yang menggunakan internet sebagai media perantara antar jaringan dan bersifat pribadi dan hanya orang tertentu yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Dengan menggunakan VPN tersebut, pengguna internet akan merasa lebih aman dengan jalur lalu lintas data yang dilaluinya, karena dengan VPN hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. VPN biasanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat rahasia seperti data tentang sebuah perusahaan, data-data pengguna dan lain sebagainya.

"Dengan demikian layanan kami tetap aman dan berjalan lancar," tutur Bobby.

Sebagai informasi, VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan ata akan cukup terjamin dari pencurian data.

VPN mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat yang dituju.

VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima sehingga layanan ini dapat melakukan pemeriksaan data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut ... Baca halaman selanjutnya