Virus Ransomware Serang Beberapa Komputer di PT Semen Padang

"Si pemilik virus meminta uang sejumlah US$300 untuk membuka kembali enkripsi data"
Serangan Virus Ransomware WannaCrypt (SensorsTechForum.com)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Virus Ransomware WannaCrypt menyerang sejumlah komputer yang ada di lingkungan PT Semen Padang. Berdasarkan informasi yang dihimpun, virus tersebut menyerang komputer yang digunakan untuk aktifitas pabrik.

Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan serangan tersebut baru diketahui hari ini setelah sebelumnya tim dari IT Semen Indonesia sudah memberikan peringatan lengkap dengan upaya mitigasi atas virus tersebut.

"Peringatan itu sudah muncul sejak 14 Mei kemarin, dan hari ini baru diketahui virus itu sudah menyerang beberapa komputer," katanya pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, virus tersebut mengenkripsi seluruh data yang ada di komputer tersebut, dan si pemilik virus meminta uang sejumlah US$300 untuk membuka kembali enkripsi data.

"Tapi tim IT sudah melakukan upaya mitigasi sesuai dengan arahan dari Menkominfo," sebut Anita.

Ia menyebutkan, perusahaan kemudian mengganti seluruh komputer yang terkena virus tersebut agar tidak menyebar ke jaringan komputer yang ada di 'jantung' PT Semen Padang.

"Seluruh komputer yang terserang virus diganti, karena memang di dalam komputer itu tidak ada data penting. Virus itu hanya menyerang data pribadi saja, jadi tidak menganggu operasional pabrik dan perusahaan," pungkasnya kemudian.(*)