Qualcomm Uji Coba Kendalikan Drone dengan Koneksi 4G LTE

"Hanya saja kemampuan pengendalian memakai sinyal 4G LTE memiliki batasan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Qualcomm telah melakukan uji coba yang memungkinkan perangkat terbang nirawak atau drone, bisa dikendalikan menggunakan koneksi 4G LTE. Dalam uji coba yang dilakukan Qualcomm melakukan lebih dari seribu percobaan. Hasilnya drone bisa lepas landas dan dikendalikan menggunakan jaringan 4G LTE.

Dengan pengendalian via koneksi 4G LTE, maka drone langsung terhubung ke internet. Kegiatan seperti live streaming atau komunikasi berbasis data lainnya juga bisa dilakukan. Hanya saja kemampuan pengendalian memakai sinyal 4G LTE memiliki batasan. Drone tetap bisa terhubung dengan sinyal 4G LTE hingga maksimal ketinggian 121 meter.

Drone ini juga dibekali dengan software yang sanggup memilih kekuatan sinyal. Software tersebut membuat drone otomatis terhubung ke base transceiver station (BTS) dengan sinyal 4G LTE terkuat.

Setelah terbukti bahwa sinyal 4G LTE bisa dipakai mengendalikan drone, di tahap berikutnya Qualcomm akan melakukan pengembangan lain. Misalnya meminimalisir interferensi sinyal yang biasanya terjadi di ketinggian, lalu memperkuat pancaran sinyal sehingga bisa memungkinan lebih banyak drone berbasis 4G LTE yang terbang bersamaan.

Qualcomm berniat memodifikasi software pemindai kekuatan sinyal di drone tersebut. Harapannya agar kemampuan pemilihan sinyal menjadi semakin baik dan efektif. Hasil penelitian ini sudah dibagikan kepada organisasi telekomunikasi 3GPP. Bisa saja teknologi drone 4G LTE ini bisa terwujud dalam waktu dekat.