Peneliti Kembangkan Teknik untuk Mengubah Batu Mars Menjadi Beton

"Mereka membutuhkan ribuan ton beton untuk bertahan hidup"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Insinyur sipil di Stanford University bersama rekan-rekannya di US National Aeronautics and Space Administration (NASA) bekerja untuk mengembangkan bentuk beton yang bisa diproduksi manusia di Mars atau bulan.

Jika manusia mencapai Mars, seperti yang direncanakan NASA pada tahun 2030, atau bahkan membangun permukiman di bulan, mereka membutuhkan ribuan ton beton untuk bertahan hidup, karena Mars dan bulan terus-menerus dibombardir dengan radiasi mematikan dan mikrometeorit yang cepat memukul ke dalam struktur biasa.

Dilansir dari laman xinhua, karena tidak mungkin mengirim ribuan ton semen dari Bumi ke Mars, taruhan terbaiknya yakni memulai memecahkan saat mereka sampai disana. Masalahnya adalah membuat beton bergaya Bumi membutuhkan sejumlah besar panas dan energi, karena pabrik harus memasak batu kapur untuk menciptakan agen pengikat yang saling terkait beton, dan energi akan sangat kekurangan pasokan di Mars.

Untuk mengatasi masalah itu, David Loftus di Pusat Penelitian Ames NASA dan Michael Lepech, seorang profesor teknik sipil dan lingkungan di Stanford School of Engineering, bekerja sama untuk membuat bentuk beton yang menjanjikan dengan beralih ke biologi.
Organisme hidup menggunakan protein untuk membuat benda sekuat kerang, tulang dan gigi, sehingga para peneliti mulai mengerjakan ikatan beton bersama dengan protein dari darah sapi. Proteinnya adalah produk sampingan rumah potong yang cukup murah, dan diketahui menjadi sangat lemas bila dicampur dengan tanah.

Untuk meniru kondisi di Mars dan bulan, Lepech telah menggabungkan protein tersebut dengan tanah yang diserap di luar bumi yang serupa dengan yang ada di Mars dan bulan. Dan karena Mars memiliki gravitasi jauh lebih rendah daripada Bumi, yang buruk untuk pencampuran semen, para periset melakukan pencampuran dengan teknologi vakum yang digunakan untuk membuat material komposit pada produk seperti ... Baca halaman selanjutnya