Ngetours.com, Travel Marketplace Nasional dari Minang

"startup ini merupakan marketplace atau tempat penjualan bagi tour operator di Indonesia"
Ikhwan, CEO Ngetours.com (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pertumbuhan pariwisata di Indonesia terus meningkat dengan signifikan setiap tahunnya. Tak lebih, sekitar 70 juta orang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan wisata di negara ini.

Namun, dengan meningkatnya pertumbuhan itu belum terlalu diikuti dengan keseriusan dari pelaku dunia travel di Indonesia. Hal itu dihubungkan pada kemudahan pemesanan tempat wisata di internet. Ditambah dengan susahnya para Tour Operator atau Tour Organizer di Indonesia menjual produk wisata mereka.

Karena inilah, anak muda asal Sumatera Barat bernama Ikhwan menciptakan startup berbasis digital dengan konsep 'Travel Marketplace’. Startup itu diberi nama ‘Ngetours.com’ dengan mengusung tema #TravelingJadiMudah. Pemuda tersebut saat ini aktif berkuliah di Unand.

Sebagai Chief Executive Officer (CEO) Ngetours.com, Ikhwan mengatakan, jika startup ini merupakan marketplace atau tempat penjualan bagi tour operator di Indonesia. Dia menyebut, ada tiga aspek yang ditangani oleh Ngetours.com yakni, membantu tour operator untuk menjual paket mereka, kemudian untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.

"Yang penting adalah untuk mempermudah pemesanan berbagai paket wisata bagi calon wisatawan," katanya didampingi Chief Operating Officer (COO), Manuela Devega di Padang.

Ikhwan menjelaskan, jika Ngetours.com tidak langsung menyetujui tour operator sebagai mitra. Namun, tour operator terlebih dahulu akan melalui tahap verifikasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. “Karena ini menyangkut keamanan transaksi antara kami, tour operator dan konsumen nantinya,” jelas Ikhwan.

Menurutnya, ada sejumlah aspek yang diperhatikan oleh Ngetours.com dalam membangun jaringan penjualan paket wisata. Pertama, segi keamanan transaksi agar tidak terjadinya penipuan. Kedua, kenyamanan konsumen. "Kita ingin berikan paket sesuai dengan deskripsi yang ... Baca halaman selanjutnya