Trafik Layanan Data Meningkat, XL Perluas Layanan 4G LTE di Sumatera

XL berikan kemudahan untuk pelanggan di Sumbar.
XL berikan kemudahan untuk pelanggan di Sumbar. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Trend akses ke layanan data digital terus meningkat di hampir semua wilayah layanan PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata), termasuk di kota-kota luar Jawa. Karena itu, untuk bisa mendukung produktivitas masyarakat dan khususnya pelanggan, XL Axiata terus memperluas layanan 4G LTE di Sumatera.

Mulai akhir bulan ini, masyarakat di wilayah Lampung dan Sumatera Barat dengan total 31 kota/kabupaten ditambah 240 BTS yang ada di Sumbar, masyarakat bisa mengakses layanan internet cepat tersebut untuk mendukung berbagai aktivitas.

baca juga: Twitter Tambahkan Fitur Schedule untuk Twitter Web

VP XL Axiata Area Sumatera Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, pihaknya akan terus memperluas layanan 4G LTE di berbagai wilayah Tanah Air sesuai dengan permintaan pelanggan. Peresmian di empat kota ini sekaligus menambah wilayah layanan 4G LTE di Sumatera dan daerah lainnya. Secara nasional, trend akses ke layanan data digital oleh pelanggan kami memang terus meningkat di hampir semua wilayah layanan XL Axiata, termasuk di area pinggiran kota.

"Yang menarik, trafik layanan Data paling dominan adalah akses ke video sekitar 40 persen. Karena itu kami harus menyediakan jaringan data yang benar-benar berkualitas sehingga pelanggan merasa nyaman mengakses konten-konten berkapasitas besar," ucapnya.

baca juga: Activision Blizzard Akan Rilis Game Call of Duty Baru

Deni Nursyahdi, Expert Execution LTE Pt. XL Axiata. melanjutkan, rencana pengembangan jaringan 4G LTE oleh XL Axiata sudah dilakukan di kota-kota yang memiliki potensi secara bisnis serta telah memiliki kesiapan ekosistem layanan 4G. Di kota-kota yang baru mendapatkan layanan 4G LTE ini, pelanggan layanan Data digital XL Axiata terus mengalami peningkatan.

Karena itu tidak mengherankan, saat ini di kota-kota tersebut sebagian besar pelanggan telah secara aktif mengakses internet dan Data digital, seperti di Sumbar sudah 70 persen dengan peningkatan 28 persen di Padang dan sekitarnya.

baca juga: Update Catalina Baru, Ada Fitur Battery Health Management

"Pengembangan jaringan dan infrastruktur dilakukan dengan prioritas di semua ibukota provinsi, dilanjutkan dengan pembangunan jaringan infrastruktur 4G di kota dan ibukota tingkat kabupaten," paparnya saat press conference yang digelar di Taman Palem Resto, Minggu 30 April 2017.

Dengan pengembangan seperti itu, maka manfaat layanan internet cepat ini akan bisa lebih maksimal didapatkan baik oleh konsumen perorangan, kalangan usaha, industri besar hingga pemerintahan daerah. Cakupan layanan di setiap kota meliputi area-area yang menjadi pusat aktivitas warga dan pemerintahan, seperti pusat-pusat bisnis, pemerintahan serta pendidikan.

baca juga: Serba Online Selama Pandemi, Kejahatan Mengintai di Jagat Maya

" XL Axiata akan terus memperluas cakupan wilayah layanan ini sehingga kualitas layanan akan terus meningkat hingga ke area pinggiran kota dan bahkan pedesaan," ucapnya.

Sementara, Eka Dwidas Kornia, General Manager Central West Xl Axiata bersama Saroso Dwipanggah, Regional Sales Manager Sumbar mengatakan, untuk Sumbar sudah ada total 240 BTS 4G LTE. Kota Padang menjadi kota yang lebih dulu mendapatkan layanan di area yang lebih luas. Sementara di kota/kabupaten lainnya secara bertahap akan terus diperkuat jaringan layanan 4G.

"Kota/kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Dharmas Raya, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Sawah Lunto, Kota Solok, Kota Bukittinggi, Agam, Lima Puluh Koto, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang Panjang, dan Kota Payakumbuh," katanya.

Selain itu, XL juga berada di peringkat kedua untuk provider yang banyak digunakan di Sumbar. Dengan paket flash sale yang ditawarkan kepada pelanggan setiap Selasa dan Jumat, XL diharapkan bisa menjadi pilihan masyarakat di Sumbar.

"Kita punya modal besar untuk menarik pelanggan, salah satunya dengan memberikan paket yang bisa cocok di kantong pelanggan," tutup Saroso. (*)

Penulis: Agusmanto