Peneliti: Tinggi lemak dan Diet Karbohidrat Sebabkan Gangguan Sendi

"Penyakit yang terjadi ketika tulang rawan sendi turun"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Para ilmuwan Australia mengungkapkan hubungan antara diet karbohidrat, lemak tinggi dan kesehatan sendi. Penelitian di University Queensland of Technology Institut Kesehatan dan Inovasi Biomedis menyelidiki hubungan antara osteoarthritis dan asupan diet lemak yang tinggi serta karbohidrat sederhana.

Osteoarthritis, umumnya dikenal sebagai "keausan" arthritis, merupakan penyakit yang terjadi ketika tulang rawan sendi turun dan hal itu sering mengenai lutut.

Dilansir dari laman xinhua, studi ini menemukan bahwa diet yang terdiri dari karbohidrat sederhana, bersama dengan 20 persen lemak jenuh akan menyebabkan sendimemiliki tanda-tanda osteoarthritis. Pemimpin ilmuwan, Profesor studi Yin Xiao mengatakan dalam program studi itu ditemukan bahwa diet ini mengarah pada kesehatan sendi yang buruk. Hal itu sering dikaitkan dengan asupan junk food yang tidak hanya mempengaruhi orang-orang yang kelebihan berat badan.

Salah satu peneliti, mahasiswa PhD Sunder Sekar, mengatakan bahwa asam lemak memiliki potensi untuk menghasilkan peradangan jaringan di seluruh tubuh. "Kami menguji berbagai lemak jenuh dan menemukan bahwa penggunaan jangka panjang dari lemak hewan, mentega, dan minyak sawit bisa melemahkan tulang rawan," kata sekar.