Mampukah Stimulasi Otak Melawan Obesitas?

"Stimulasi noninvasif dan menemukan cara untuk orang obesitas melalui cara elektrik dan magnetik"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Orang obesitas bisa mendapatkan keuntungan dari magnet atau stimulasi listrik yang berasal dari otak untuk membantu mereka agar memiliki selera makan lebih sedikit. Hal itu terungkap dalam sebuah studi terbaru, dimana peneliti menemukan dua teknik otak, stimulasi noninvasif dan menemukan cara untuk orang obesitas melalui cara elektrik dan magnetik. Target utama dari stimulasi otak biasanya adalah wilayah yang disebut dorsolateral prefrontal cortex, yakni hal yang terkait dengan pengendalian diet pada diri manusia.

Dilansir dari laman livescience, bagi orang-orang dengan gangguan makan seperti bulimia dan pesta-makan, pengobatan dengan beberapa sesi stimulasi otak non-invasif akan berpotensi membantunya mengatasi masalah obesitas. Namun, para peneliti akhirnya mengatakan hasil tidak meyakinkan. "Dan ketika datang untuk menggunakan stimulasi otak untuk mengobati orang dengan anoreksia , temuan ini cukup dicampur dan kurang menjanjikan," kata pemimpin penulis studi Peter Hall, seorang psikolog klinis dan direktur Prevention Neuroscience Lab di University of Waterloo di Kanada.

Karya terbaru banyak difokuskan pada efek menguntungkan dari teknik stimulasi otak non-invasif, seperti meningkatkan kreativitas , meningkatkan kemampuan matematika dan membantu pasien pulih dari stroke. Dua teknik yang umum dianalisis meliputi transkranial stimulasi langsung saat (tDCS), dimana arus listrik mengalir ke otak, dan berulang-ulang stimulasi magnetik transkranial (RTM). "Ada banyak kepentingan dalam teknik baru saat pengobatan karena banyak standar pendekatan.

Para peneliti mengamati penelitian yang dilakukan pada kedua tDCS dan RTM, ditemukan sejumlah studi yang merangsang korteks prefrontal dorsolateral, dimana bisa menurunkan keinginan makan lebih banyak.

Selain itu, tiga uji klinis menunjukkan bahwa stimulasi otak non-invasif dapat mengurangi konsumsi makanan dan melawan obesitas. Namun, Hall dan ... Baca halaman selanjutnya