Ilmuwan Australia Gunakan Bank Darah untuk Kembangkan Vaksin Diabetes

"Untuk menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Ilmuwan Australia optimistis bank donor darah akan membantu mereka mengembangkan vaksin untuk diabetes tipe 1. Tim dari St Vincent Institut Penelitian Medis sebagai peneliti pertama di dunia mengamati sel-sel kekebalan untuk menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. Mereka menemukan bahwa sel-sel kekebalan yang ditargetkan molekul C-peptida dan sedang mengembangkan tes darah untuk mengukur respon imun terhadap molekul, yang mereka percaya penyebab diabetes tipe 1.

Dilansir dari laman xinhua, Stuart Mannering, sebuah imunologi di St Vincent, mengatakan tim berharap mengembangkan terapi yang akan mengajarkan sistem kekebalan tubuh tidak menyerang sel-sel. "Itulah tujuan jangka panjang kami. Langkah selanjutnya untuk mengukur bahwa respon imun dalam sampel darah sehingga bisa mendeteksi sebelum orang mengembangkan gejala-gejala diabetes tipe 1," ungkapnya.

"Yang kita inginkan adalah tes darah yang bisa kita lakukan setelah periode yang jauh lebih singkat sehingga kita dapat melihat apakah respon imun ke arah yang kita inginkan," jelasnya.

Tes yang akan dikembangkan menggunakan sampel dari Biobank berdasarkan daftar orang yang bersedia memberikan sampel darah untuk kepentingan penelitian medis. "Biobank benar-benar penting karena memungkinkan kita melakukan penelitian menggunakan darah manusia dari orang-orang dengan dan tanpa diabetes. Hal itu merupakan batu loncatan benar-benar penting. Untuk studi lebih, manusia dapat mengembangkan sesuatu yang akan berguna dalam klinik," kata Mannering.