Para Ilmuwan Temukan Pengobatan Potensial untuk Penyakit Parkinson

"Dengan menghasilkan neuron dopamin"
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Para ilmuwan menemukan cara untuk mengobati penyakit Parkinson dengan menghasilkan neuron dopamin. Hal itu terungkap dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Nature Biotechnology, Senin.

Studi ini pada tahap awal menemukan bahwa sel-sel otak dapat diprogram kembali untuk menggantikan mereka yang dihancurkan oleh Parkinson. Hal itu menawarkan pendekatan baru dalam memecahkan masalah medis lama.

Dilansir dari laman xinhua, Ilmuwan melakukan tes pada tikus dengan gejala Parkinson, dan menemukan bahwa terapi bisa meringankan kondisi tersebut. Mereka mencatat bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum tes terkait pada manusia.

Orang dengan Parkinson disebabkan kurangnya dopamin karena hilangnya sel-sel otak yang membuatnya. Penyakit ini telah diderita banyak pasien dengan berbagai cara, mulai dari kekakuan otot, berjalan kesulitan, halusinasi, dan delusi. Untuk waktu yang lama, dokter telah mampu mengelola gejala ini tetapi tidak bisa mengobati penyebabnya. Para ilmuwan juga telah aktif mencari cara yang berbeda untuk mengurangi gejala dan mengobati penyakit.