Cara Menjaga Mata dari Efek Layar Komputer

"Hanya perlu dua jam tanpa henti melihat layar, baik dari komputer, smartphone, televisi, tablet, atau layar elektronik lain, anda bisa terkena sindrom ini"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Bekerja di media massa sebagai editor, penulis atau sebagai web developer menyebabkan kontak mata dengan layar komputer berlangsung dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menyebabkan mata kelelahan.

Jika terpapar layar perangkat elektronik dalam waktu yang cukup lama mata akan mengalami penuruna fungsi. Mata terasa berat, penglihatan sedikit kabur, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala.

Ahli kesehatan menamakan ini sebagai computer vision syndrome. Hanya perlu dua jam tanpa henti melihat layar, baik dari komputer, smartphone, televisi, tablet, atau layar elektronik lain, anda bisa terkena sindrom ini.

Untuk menghindarinya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Hal pertama yang paling mudah dilakukan adalah seringlah berkedip. Ketika terlalu fokus melihat hal-hal di depan layar komputer atau smartphone, seringkali kita lupa berkedip.

Akibatnya mata jadi kering sehingga cepat lelah dan kemerahan. Sebaiknya jadikan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

Anda juga bisa menerapkan pola 20-20. Maksudnya, setelah 20 menit bekerja di depan layar, ambil 20 detik untuk beranjak. Anda bisa mengambil minum, sedikit menggoyangkan badan dan kepala, atau sekadar melihat sekeliling.


Mengatur ukuran huruf atau font lebih besar juga bisa dilakuakn. Atur pula warna dan kontras yang paling nyaman. Ukuran huruf kecil akan membuat mata Anda bekerja keras untuk membaca. Ini juga membuat jarak mata dengan layar lebih dekat sehingga menimbulkan sakit kepala jika dilakukan dalam waktu lama.

Mengatur kecerahan layar juga bisa meminimalisir kerja mata. Layar yang terlalu gelap menyulitkan Anda membaca. Namun jika terlalu silau akan membuat mata tegang dan sakit kepala.